Gelar Gathering Sharing, Bapera Rejang Lebong Deklarasi Dukung Pemerintah, TNI dan Polri Dalam Menjaga Situasi Kamtibnas Yang Aman dan Kondusif

Rejang Lebong, WorldSIBER.com– Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Kabupaten Rejang Lebong menggelar kegiatan Gathering Sharing dengan berbagai Elemen masyarakat di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu Pada hari Selasa tanggal 17 Januari 2023 pukul 15.00 WIB bertempat di Cafe Satu Hal Jln. Merdeka Kelurahan Air Rambai Kecamatan Curup Kabupaten Rejang Lebong.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan Diskusi Lintas Organisasi dalam rangka meningkatkan semangat Nasionalisme guna mencegah Intoleransi dan Radikalisme menjelang Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Rejang Lebong.

Menurut Ketua DPD Bapera Rejang Lebong Hendra Wahyudiansyah, S.H melalui Koordinator Kabupaten Rejang Lebong Jamaludin, menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan semangat dalam mencegah intoleransi dan radikalisme menjelang Pemilu dan Pemilukada Tahun 2024 mendatang di Kabupaten Rejang Lebong.

“Kegiatan yang kita laksanakan ini dalam rangka meningkatkan semangat Nasionalisme guna mencegah Intoleransi dan Radikalisme menjelang Pemilu Tahun 2024. Kami juga menghadirkan Pemateri guna berbagi informasi serta meminimalisir maupun pencegahan dini terkait mencegah Intoleransi dan Radikalisme menjelang Pemilu Tahun 2024 yaitu dari kepolisian dan juga ketua MUI Rejang Lebong,” ungkap Jamal.

Dalam Penyampaian materinya, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Dr. H. Muhammad Abu Dzar, Lc, MHI mengatakan, toleransi merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga persaturan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Toleransi itu adalah saling menghargai, dengan demikian maka akan terwujudlah persatuan dan kesatuan kita di NKRI ini. Apalagi menjelang pemilu, biasanya banyak sekali berita hoaks atau provokasi, sehingga kita harus bisa menjaga diri masing-masing,” ungkap alumni Universitas Al-Azhar Mesir ini.

Ia juga mengingatkan tentang pentingnya menjauhi sifat atau perilaku radikal. Karena hal itu bisa merusak kecintaan kita terhadap NKRI. “Mari bersama kita jaga negara kita ini dengan penuh perdamaian dan rasa nasionalisme yang tinggi,” pungkasnya.

Kemudian, perwakilan Polres Rejang Lebong, KBO Binmas melalui Aiptu Berlin Umarsyah menyampaikan kepada para organisasi kepemudaan yang hadir agar bisa mendorong terciptanya keamaan dan ketertiban di masyarakat jelang Pemilu 2024. “Semua pihak harus mendukung dan memberikan rasa aman bagi diri sendiri dan juga masyarakat. Apalagi ini menjelang tahun politik, maka kita semua harus bisa menjaga dan menciptakan Kamtibmas di lingkungan kita masing-masing,” kata Berlin.

Polres Rejang Lebong juga mengapresiasi kegiatan Gathering Sharing ini, “Semoga kegiatan – kegiatan seperti ini bisa lebih sering dilaksanakan di Kabupaten Rejang Lebong, sehingga bisa meningkatkan wawasan kita bersama terkait bahaya Paham Intoleransi dan Radikalisme yang dapat merusak Persatuan dan Kesatuan Negara Indonesia” Tambah Aiptu Berlin Umarsyah.

“Saat ini kita melihat ada sebagian Tokoh Politik sering menggunakan Politik Identitas, hal ini adalah bentuk pencederaan terhadap nilai – nilai Toleransi, karena dengan mengangkat Politik Identitas hal ini bisa memicu ketersinggungan baik dari Suku, Ras dan Agama tertentu, sehingga berpotensi menimbulkan perpecahan dimasyarakat” Tutup Aiptu Berlin Umarsyah.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan deklarasi tolak Intoleransi dan Radikalisme menjelang pemilu tahun 2024.

“Kami Ormas Barisan Pemuda Nusantara bersama seluruh element masyarakat Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu mendukung Pemerintah dalam menjaga situasi yang aman dan kondusif, serta bersinergi bersama TNI/POLRI pada tahapan Pilkada, Pemilu Tahun 2024 dan mengajak masyarakat menolak Paham Radikalisme dan Terorisme yang dapat merusak NKRI”.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Dandim 0409 Rejang Lebong diwakili Pasi Pers, perwakilan Badan Kesbangpol Rejang Lebong, perwakilan organisasi kepemudaan dan organisasi masyarakat serta Elemen Masyarakat Rejang Lebong. (*)

banner 1028x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *