Bupati Kepahiang Membuka Pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2024

Bupati Kepahiang Membuka Pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2024

Kepahiang, WorldSIBER.com Musrenbang Kabupaten 2024 mengusung tema “Pemberdayaan Ekonomi dan Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat”

Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattulah Sjahid, MM, IPU membuka pelaksanaan Musyawarah Pembangunan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 di Aula Wulandari Kamis 16 Maret 2023.

Bacaan Lainnya

Musrenbang ini memiliki makna yang strategis, karena merupakan rangkaian proses penyusunan dokumen perencanaan tahunan yang nantinya akan menjadi satu bagian dari penjabaran tahun pertama RPJMD Kabupaten Kepahiang periode 2021-2026, yang juga saat ini masih dalam tahapan penyusunan rancangan awal.

Mengacu pada visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih, beberapa isu strategis daerah antara lain, belum optimalnya upaya peningkatan kualitas SDM, percepatan penurunan stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Perlunya pemberdayaan ekonomi, masih perlunya pemenuhan infrastruktur dasar dan strategis dan masih belum optimalnya tata kelola pemerintahan dan belum efektifnya reformasi birokrasi.

“Berdasarkan isu-isu strategis itu maka disampaikan prioritas daerah tahun 2024, antara lain pemberdayaan ekonomi daerah, pemenuhan kebutuhan infrastruktur dasar dengan memperhatikan lingkungan hidup, peningkatan kualitas SDM dan reformasi birokrasi tata kelola pemerintahan,” kata Bupati.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kepahiang H M Salihin, MSi mengatakan Musrenbang untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah Kabupaten Kepahiang tahun 2024 dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan Pembangunan Provinsi Bengkulu dan Nasional dan menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja.

“Musrenbang RKPD ini merupakan musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan yang diintegrasikan dengan prioritas kegiatan,” jelas Salihin

Kegiatan Musrenbang Kabupaten dihadiri Bupati, Wakil Bupati Kepahiang, Gubernur diwakili Asisten II (Pembangunan) Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu, Dandim 0409 R/L, Kajari Kepahiang, Kapolres Kepahiang, Kepala Bank Bengkulu Cabang Kepahiang, Kepala OPD dan Kabag lingkup Pemda Kepahiang, Camat se Kabupaten Kepahiang, Kades serta utusan dari Pemda Bengkulu Tengah, Rejang Lebong dan utusan Pemda Empat Lawang, anggota presidium Pemekaran Kabupaten Kepahiang serta panitia penyelenggara kegiatan. (Adv)

banner 1028x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *