Kabupaten Kepahiang Jadi Pengurus Daerah IWO Pertama Terbentuk di Provinsi Bengkulu

Kabupaten Kepahiang Jadi Pengurus Daerah IWO Pertama Terbentuk di Provinsi Bengkulu

Kepahiang, WorldSIBER.com – Pengurus Daerah (PD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Kepahiang resmi terbentuk pada hari Minggu, 24 September 2023, dengan peresmian yang dilakukan di kantor media harian BeritaMerdekaOnline.com.

Ketua Pengurus Wilayah Provinsi Bengkulu, Musdamori, S.Sos, berharap agar struktur kepengurusan PD IWO Kepahiang dapat segera dilengkapi setelah terbentuknya Ketua, Sekretaris, dan Bendahara (KSB). “Dengan terbentuknya KSB, saya berharap struktur kepengurusan bisa segera dilengkapi,” ungkap Mori di ruang kerjanya.

Bacaan Lainnya

Mori juga menginformasikan bahwa selain Kabupaten Kepahiang, ada empat kabupaten lainnya yang akan segera menyusul pembentukan PD IWO, yaitu Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Mukomuko, dan Kabupaten Seluma. Ia menegaskan pentingnya pengembangan organisasi ini agar profesi jurnalis media online mendapatkan pengakuan yang lebih baik. “IWO adalah organisasi profesi yang mencakup seluruh wartawan online. Sebuah organisasi akan besar tergantung dari kepengurusan di dalamnya. Kembangkanlah sayap IWO selebar-lebarnya sehingga profesi kita sebagai jurnalis media online tidak lagi dipandang sebelah mata. Tapi ingat, dalam penulisan tetaplah berpedoman pada Pedoman Media Siber, Kode Etik Jurnalistik, dan Undang-Undang Pokok Pers No. 40 Tahun 1999,” tambah Mori.

Ketua PD IWO Kepahiang, Tarmizi, menyampaikan terima kasih atas amanah yang diberikan kepadanya dan berkomitmen untuk memimpin organisasi ini selama lima tahun ke depan. “Terima kasih atas kepercayaan Ketua PW Provinsi dan rekan-rekan semua atas amanah yang telah diberikan kepada saya lima tahun ke depan. Insya Allah, saya bersama rekan-rekan wartawan online di Kepahiang bisa mengemban amanah ini. Semoga di bawah kepemimpinan saya, IWO di Kabupaten Kepahiang bisa semakin jaya,” ujar Tarmizi.

Tarmizi juga meminta dukungan dari semua rekan-rekan untuk membesarkan IWO di Kepahiang dan membuka diri terhadap kritik dan saran yang membangun. “Saya mohon dukungan dari semua rekan-rekan untuk membesarkan IWO di Kepahiang ini. Tolong jangan ragu memberikan kritik dan saran yang membangun kepada kami. Insya Allah, kami akan menerima semua masukan dari rekan-rekan semua,” tutup Tarmizi.

Pembentukan PD IWO Kabupaten Kepahiang ini menandai langkah awal yang penting dalam upaya meningkatkan profesionalisme dan kredibilitas wartawan online di daerah tersebut. Dengan terbentuknya kepengurusan yang solid, diharapkan IWO dapat menjadi wadah yang efektif untuk menyuarakan aspirasi dan kepentingan para jurnalis online, serta memperjuangkan hak-hak mereka dalam menjalankan tugas jurnalistik.

Salah satu fokus utama dari kepengurusan IWO yang baru terbentuk ini adalah meningkatkan kualitas dan kompetensi para wartawan online di Kabupaten Kepahiang. Hal ini penting untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan kepada publik adalah akurat, terpercaya, dan sesuai dengan kode etik jurnalistik. Pelatihan dan workshop berkala diharapkan dapat menjadi agenda rutin untuk membekali para wartawan dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam era digital saat ini.

Selain itu, PD IWO Kepahiang juga diharapkan dapat menjalin kolaborasi dan sinergi dengan berbagai stakeholder, termasuk pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat, dan sektor swasta. Kolaborasi ini penting untuk mendukung berbagai program dan kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas dan profesionalisme jurnalis online. Dengan dukungan dari berbagai pihak, IWO diharapkan dapat memainkan peran yang lebih signifikan dalam pembangunan daerah, terutama dalam hal penyebaran informasi yang objektif dan mendidik.

Di era digital ini, wartawan online dihadapkan pada berbagai tantangan, termasuk maraknya berita palsu dan hoaks. Oleh karena itu, PD IWO Kepahiang harus mampu beradaptasi dan menggunakan teknologi digital secara bijak untuk menyaring dan menyebarkan informasi yang benar. Dengan demikian, IWO dapat menjadi garda terdepan dalam memerangi disinformasi dan menjaga integritas profesi jurnalis online. (Desik/Erlan)

banner 1028x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *