Musyawara RKPDes Tahun 2024, Desa Sido Makmur Menggelar MUSDes

Musyawara RKPDes Tahun 2024, Desa Sido Makmur Menggelar MUSDes

KEPAHIANG, WorldSIBER.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Sido Makmur, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, mengadakan Musyawarah Desa (MUSDes) untuk membahas Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun 2024. Acara ini dilaksanakan di Kantor Desa setempat dan dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat desa.

Kepala Desa Sido Makmur, Erdonal Vernando, membuka musyawarah dengan menjelaskan tujuan utama pertemuan ini. “Dalam musyawarah ini, kita akan mendengarkan langsung usulan dari masyarakat desa maupun melalui perwakilan kepala dusun. Mereka inilah yang akan mengusulkan rencana kegiatan pembangunan tahun 2024,” ujar Erdonal Vernando.

Menurut Kepala Desa, semua usulan dari masyarakat akan ditampung, asalkan masuk akal dan bermanfaat bagi masyarakat. “Usulan yang dianggap masuk akal seperti pembangunan dan pemberdayaan masyarakat akan kita anggarkan melalui ADD/DD tahun 2024,” lanjutnya.

Erdonal Vernando juga menegaskan bahwa sebagai kepala pemerintahan desa, ia merespon dengan baik semua usulan dari masyarakat selama usulan tersebut tertuang dalam Rencana Kegiatan Pembangunan tahun 2024. “Kami akan mengedepankan kepentingan warga desa. Namun, usulan-usulan tersebut akan disesuaikan dengan pagu anggaran. Sepanjang dananya ada dan demi kepentingan masyarakat desa, kenapa tidak,” paparnya.

Musyawarah ini diharapkan dapat menghasilkan program kegiatan yang dapat direalisasikan pada tahun 2024. “Semoga dari musyawarah ini program kegiatan tahun 2024 bisa terwujud,” tegas Erdonal Vernando.

Musyawarah Desa ini juga dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan dari kecamatan, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kasi PMD) Kecamatan Kabawetan, perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Pendamping Desa (PD), Pendamping Lokal Desa (PLD), Babinkamtibmas, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta masyarakat Desa Sido Makmur.

Musyawarah Desa ini merupakan langkah awal yang penting untuk merencanakan pembangunan desa secara partisipatif. Dalam musyawarah ini, berbagai usulan dan aspirasi dari masyarakat diakomodasi untuk kemudian disusun menjadi Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun 2024. Proses ini memastikan bahwa pembangunan desa dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan prioritas masyarakat setempat.

Partisipasi aktif masyarakat dalam musyawarah desa ini sangat penting untuk memastikan bahwa pembangunan desa berjalan sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat. Dengan mendengarkan langsung usulan dan aspirasi masyarakat, pemerintah desa dapat merancang program dan kegiatan yang lebih tepat sasaran dan efektif.

Beberapa usulan yang diangkat dalam musyawarah desa ini meliputi pembangunan infrastruktur desa, seperti jalan dan jembatan, serta program pemberdayaan ekonomi masyarakat. Selain itu, peningkatan layanan kesehatan dan pendidikan juga menjadi salah satu prioritas yang diusulkan oleh masyarakat.

Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDes) tahun 2024 akan dianggarkan melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD). Anggaran ini akan digunakan untuk membiayai berbagai program dan kegiatan yang telah diusulkan dan disepakati dalam musyawarah desa. Dengan demikian, penggunaan anggaran desa dapat lebih transparan dan akuntabel.

Pemerintah Desa Sido Makmur berkomitmen untuk terus mendengarkan dan menampung aspirasi masyarakat dalam setiap tahap perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa. “Kami berharap program-program yang telah disepakati dalam musyawarah desa ini dapat terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat desa,” ujar Erdonal Vernando. (Misran/Erlan )

banner 1028x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *