Desa Cinta Mandi Baru: Antusiasme Posyandu Ceria untuk Kesehatan Warga

Desa Cinta Mandi Baru: Antusiasme Posyandu Ceria untuk Kesehatan Warga

Kepahiang, WorlSIBER.com – Desa Cinta Mandi Baru, yang terletak di Kecamatan Bermani Ilir, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, menggelar Posyandu Bulanan di awal bulan di Gedung Serbaguna Desa. Acara ini diselenggarakan dengan semangat untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga, terutama balita, ibu hamil (bumil), dan lansia.

Antusiasme warga Desa Cinta Mandi Baru terlihat dari partisipasi mereka dalam menghadiri Posyandu tersebut. Mereka datang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis, yang meliputi pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat-obatan, serta tambahan gizi berupa susu, biskuit, telur, dan bubur kacang ijo. Kegiatan Posyandu ini diselenggarakan atas kerjasama antara Kepala Desa dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Bermani Ilir.

Kepala Desa, yang akrab disapa Pak Redo, serta Kepala UPTD Puskesmas turut hadir untuk menyaksikan jalannya acara Posyandu. Mereka bersama-sama memastikan bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan berjalan lancar dan berkualitas.

Desa Cinta Mandi Baru: Antusiasme Posyandu Ceria untuk Kesehatan Warga

Pak Redo menjelaskan bahwa Posyandu ini merupakan kewajiban yang telah dianggarkan dari Dana Desa (DD) untuk menyelenggarakan kegiatan Posyandu Bulanan. Ia berharap agar kegiatan ini dapat terus berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang nyata bagi kesehatan dan kesejahteraan warga Desa Cinta Mandi Baru.

Dalam setiap Posyandu Bulanan, berbagai kegiatan dilakukan untuk memastikan kesehatan warga tetap terjaga. Selain pemeriksaan kesehatan dan pemberian gizi tambahan, Posyandu juga sering menjadi tempat penyuluhan tentang pentingnya pola hidup sehat, perawatan kesehatan, dan pentingnya imunisasi bagi balita.

Keberadaan Posyandu sangat penting dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat, terutama di daerah pedesaan yang mungkin sulit untuk mengakses layanan kesehatan formal. Melalui Posyandu, warga dapat memantau kesehatan mereka secara berkala dan mendapatkan informasi serta layanan kesehatan yang diperlukan.

Dukungan dari pemerintah desa dan pihak terkait, seperti Puskesmas, sangat diperlukan untuk menjamin kelancaran dan keberlanjutan kegiatan Posyandu. Termasuk di dalamnya adalah penyediaan dana dan fasilitas, serta koordinasi yang baik antara berbagai pihak terkait.

Posyandu Ceria di Desa Cinta Mandi Baru tidak hanya menjadi tempat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, tetapi juga menjadi sarana untuk memperkuat ikatan sosial dan kebersamaan antarwarga. Semangat gotong royong dan kepedulian terhadap kesehatan bersama merupakan modal utama dalam menjaga keberlangsungan dan kesuksesan Posyandu ini.

Melalui upaya yang terus-menerus dan kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan Posyandu di Desa Cinta Mandi Baru dan di seluruh wilayah Indonesia dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. (Adv/Erlan)

banner 1028x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *