Efisiensi Penggunaan Air dan Pengelolaan Limbah: Inisiatif Hijau Pertamina

Efisiensi Penggunaan Air dan Pengelolaan Limbah: Inisiatif Hijau Pertamina

worldsiber.com – PT Pertamina (Persero) menunjukkan komitmennya dalam menjaga pelestarian lingkungan berkelanjutan melalui berbagai kegiatan dan inovasi yang diterapkan dalam bisnisnya. Salah satu buktinya adalah partisipasi aktif dalam The 10th World Water Forum (WWF) 2024 yang diselenggarakan di Indonesia. Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menegaskan bahwa Pertamina Grup secara keseluruhan telah melakukan berbagai upaya signifikan dalam konservasi air, pelestarian alam, dan lingkungan.

Salah satu program nyata yang dilakukan Pertamina adalah penyediaan akses air bersih bagi masyarakat, yang telah memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan banyak keluarga. “Program ini telah memberikan manfaat bagi puluhan ribu kartu keluarga (KK) yang sekarang memiliki akses terhadap air bersih,” ungkap Fadjar dalam keterangan persnya pada Jumat (24/5/2024). Pernyataan tersebut disampaikan saat mengunjungi booth Pertamina di ajang WWF 2024 di Bali pada Kamis (23/5/2024). Program ini selaras dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) poin keenam yang bertujuan memberikan akses air bersih kepada semua lapisan masyarakat.

Selain fokus pada penyediaan akses air bersih, Pertamina juga berupaya memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi penggunaan air dan pengolahan limbah agar lebih ramah lingkungan. Pertamina memiliki sistem teknologi pemantauan kualitas air limbah yang bertujuan untuk memastikan pengelolaan air limbah dengan kualitas yang baik bagi lingkungan.

“Pertamina memiliki sistem teknologi pemantauan kualitas air limbah untuk memastikan bahwa pengelolaan air yang dilakukan selalu menjaga kualitas lingkungan,” kata Fadjar. Teknologi ini merupakan bagian dari inisiatif Pertamina untuk meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan melalui pengelolaan limbah yang lebih efisien dan berkelanjutan.

Dalam upaya memperluas dampak positif, Pertamina juga membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, swasta, dan pemangku kepentingan lainnya. Forum WWF ke-10 ini menjadi ajang bagi Pertamina untuk memperluas jaringan dan membuka peluang kerja sama dengan berbagai negara. Fadjar menambahkan bahwa respon dari berbagai negara sangat positif terhadap inovasi Pertamina dalam pengelolaan air dan pelestarian alam.

“Pertamina sangat terbuka untuk bekerja sama dengan pemangku kepentingan dari berbagai negara, baik dalam hal teknologi maupun inisiatif lain terkait pelestarian air dan konservasi lingkungan,” tambah Fadjar.

WWF 2024 tidak hanya menjadi ajang pameran dan diskusi, tetapi juga menjadi bukti nyata komitmen Pertamina dalam mengelola keberlanjutan air. Melalui kegiatan ini, Pertamina berupaya menunjukkan bahwa perusahaan tidak hanya berfokus pada keuntungan bisnis, tetapi juga memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan yang besar. Inovasi dan kerja sama yang dihadirkan di forum ini diharapkan dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi pelestarian air dan alam.

Sebagai perusahaan energi besar, Pertamina menyadari betapa pentingnya menjaga keseimbangan antara kegiatan bisnis dan pelestarian lingkungan. Oleh karena itu, berbagai program dan inisiatif yang diluncurkan selalu mengedepankan prinsip keberlanjutan. Program penyediaan akses air bersih, teknologi pengolahan limbah yang ramah lingkungan, serta kerja sama internasional menjadi bagian integral dari strategi keberlanjutan Pertamina.

Pertamina terus berinovasi untuk menciptakan solusi yang dapat menjawab tantangan lingkungan yang semakin kompleks. Upaya tersebut termasuk pengembangan teknologi baru untuk pengolahan air dan limbah, serta peningkatan efisiensi penggunaan sumber daya. Melalui pendekatan ini, Pertamina berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan semakin tingginya perhatian global terhadap isu lingkungan, partisipasi aktif Pertamina dalam forum seperti WWF 2024 menunjukkan komitmen perusahaan untuk menjadi bagian dari solusi. Langkah-langkah konkret yang diambil Pertamina tidak hanya menunjukkan tanggung jawab sosial perusahaan, tetapi juga membuka peluang bagi kolaborasi internasional yang lebih luas.

Secara keseluruhan, kegiatan dan komitmen yang ditunjukkan Pertamina di WWF 2024 mencerminkan visi perusahaan untuk menjadi perusahaan energi nasional yang berkelanjutan dan bertanggung jawab. Pertamina bertekad untuk terus mengembangkan program-program yang dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan dan masyarakat. Melalui kerja sama dan inovasi, Pertamina berharap dapat terus memberikan kontribusi positif bagi pembangunan berkelanjutan di Indonesia dan dunia.

banner 1028x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *