Basuki Hadimuljono Ditunjuk Sebagai Plt Kepala OIKN: Optimis Pemimpin Definitif Segera Terpilih

Basuki Hadimuljono Ditunjuk Sebagai Plt Kepala OIKN: Optimis Pemimpin Definitif Segera Terpilih

worldsiber.com – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Basuki Hadimuljono, menyatakan keyakinannya bahwa pemimpin definitif OIKN akan segera terpilih. “Insya Allah akan cepat terpilih yang definitif,” kata Basuki dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (6/6/2024).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tersebut menyampaikan hal ini setelah menerima ucapan selamat dari Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus. “Terima kasih atas perhatiannya, mohon dukungannya atas penunjukkan kami sebagai Plt,” ucap Basuki dengan penuh harap.

Lasarus berharap Basuki dapat menjalankan tugasnya dengan amanah dan penuh tanggung jawab. “Saya tahu tugas ini tidak mudah tetapi akan menjadi lebih mudah karena langsung di bawah Pak Menteri, dan semua anggarannya juga ada di sini, Pak,” kata Lasarus, memberikan dukungan penuh kepada Basuki.

Basuki Hadimuljono ditunjuk sebagai Plt Kepala OIKN oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (3/6/2024). Penunjukan ini menyusul keputusan presiden untuk memberhentikan Bambang Susantono dari jabatan Kepala OIKN dan Dhony Rahajoe dari posisi Wakil Kepala OIKN.

Selain itu, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni juga ditunjuk sebagai Plt Wakil Kepala OIKN. “Hari ini telah terbit Keputusan Presiden tentang pemberhentian dengan hormat Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan Bapak Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN, disertai ucapan terima kasih atas pengabdian beliau-beliau, dan sekaligus Presiden mengangkat Menteri PUPR Pak Basuki sebagai Plt Kepala Otorita IKN dan juga mengangkat Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN sebagai Wakil Otorita IKN,” ujar Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden.

Keputusan ini membawa banyak perhatian publik, mengingat Basuki Hadimuljono memiliki rekam jejak yang kuat dalam pembangunan infrastruktur nasional. Diharapkan, penunjukan Basuki dapat mempercepat proses pembangunan dan pengembangan Ibu Kota Nusantara yang baru.

Basuki sendiri sudah dikenal sebagai tokoh yang berdedikasi dalam memimpin proyek-proyek besar, seperti pembangunan jalan tol, bendungan, dan infrastruktur lainnya. Dengan posisinya sekarang sebagai Plt Kepala OIKN, ia diharapkan dapat membawa perubahan signifikan dan mempercepat pembangunan ibu kota baru yang merupakan salah satu proyek besar pemerintahan Jokowi.

Selain dukungan dari Lasarus, berbagai pihak juga menyatakan keyakinannya bahwa Basuki dapat menjalankan tugas ini dengan baik. Mereka percaya bahwa pengalaman dan kepemimpinan Basuki akan menjadi aset penting dalam mengelola proyek besar ini.

Raja Juli Antoni, yang juga baru diangkat sebagai Plt Wakil Kepala OIKN, memiliki latar belakang yang kuat dalam bidang agraria dan tata ruang. Penunjukan ini diharapkan dapat membantu dalam menangani isu-isu lahan dan tata ruang yang mungkin muncul dalam proses pembangunan ibu kota baru.

Penunjukan ini juga menunjukkan komitmen pemerintah untuk mempercepat pembangunan Ibu Kota Nusantara dan memastikan bahwa semua aspek, mulai dari infrastruktur hingga tata ruang, dikelola dengan baik. Dukungan dari berbagai pihak, termasuk DPR, sangat penting untuk memastikan bahwa proyek ini berjalan lancar dan sesuai dengan rencana.

Dalam beberapa bulan ke depan, Basuki dan Raja Juli Antoni akan bekerja sama untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk pembangunan ibu kota baru. Mereka diharapkan dapat memberikan laporan perkembangan secara berkala kepada Presiden dan DPR untuk memastikan bahwa proyek ini berjalan sesuai jadwal dan anggaran yang telah ditetapkan.

Selain itu, penunjukan Basuki dan Raja Juli Antoni juga diharapkan dapat membawa semangat baru dan meningkatkan koordinasi antara berbagai kementerian dan lembaga yang terlibat dalam proyek ini. Dengan pengalaman dan keahlian mereka, diharapkan tantangan-tantangan yang mungkin muncul dapat diatasi dengan efektif.

Sebagai kepala OIKN, Basuki akan bertanggung jawab atas berbagai aspek pembangunan, termasuk perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan proyek. Ia juga diharapkan dapat berkolaborasi dengan pihak swasta dan internasional untuk menarik investasi dan teknologi yang dibutuhkan untuk pembangunan ibu kota baru.

Dengan adanya dukungan penuh dari pemerintah dan DPR, serta pengalaman dan kepemimpinan Basuki, proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara diharapkan dapat berjalan sesuai dengan rencana dan memberikan manfaat besar bagi seluruh rakyat Indonesia. Masyarakat juga diharapkan dapat mendukung dan ikut mengawal proses ini agar berjalan dengan transparan dan akuntabel.

Secara keseluruhan, penunjukan Basuki Hadimuljono sebagai Plt Kepala OIKN merupakan langkah strategis untuk memastikan keberhasilan proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara. Dengan pengalaman dan dedikasinya, Basuki diharapkan dapat membawa proyek ini ke arah yang lebih baik dan memastikan bahwa ibu kota baru dapat menjadi simbol kemajuan dan modernisasi Indonesia.(KGAI-G)

banner 1028x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *