Sugiyanto Lantik Anggota BPD Baru, Tekankan Pentingnya Keharmonisan Pemerintah Desa

Sugiyanto Lantik Anggota BPD Baru, Tekankan Pentingnya Keharmonisan Pemerintah Desa

Mukomuko, worldsiber.com – Pada Selasa, 11 Juni 2024, Camat Air Manjunto, Sugiyanto Spd, melantik dan mengambil sumpah tiga orang sebagai Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Sinar Jaya Kecamatan Air Manjunto untuk periode 2020-2028. Acara ini berlangsung di gedung pertemuan Desa Sinar Jaya, setelah tiga anggota BPD sebelumnya mengundurkan diri.

Ketiga anggota BPD baru ini diangkat berdasarkan Keputusan Bupati Mukomuko tentang Peresmian Anggota Badan Permusyawaratan Desa Antar Waktu Desa Sinar Jaya. Sugiyanto menjelaskan bahwa sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Mukomuko tentang Badan Permusyawaratan Desa, anggota BPD yang mengundurkan diri akan digantikan oleh calon anggota berikutnya berdasarkan hasil pemilihan, dengan syarat sisa masa jabatan anggota yang digantikan lebih dari enam bulan.

“Anggota BPD antar waktu memiliki tugas dan fungsi yang sama dengan anggota BPD lainnya, yaitu membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, serta mengawasi kinerja Kepala Desa,” ujar Sugiyarto.

Sugiyarto juga menekankan pentingnya kerjasama antara BPD dan Pemerintah Desa sebagai mitra kerja yang solid dalam melaksanakan program pembangunan di desa. Dia berharap anggota BPD dapat terus mengembangkan kompetensi dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga fungsi kelembagaan BPD dapat diperkuat.

“Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, saya berharap BPD dapat menjaga soliditas dan keharmonisan hubungan kerja, baik di dalam internal BPD maupun dengan Pemerintah Desa. Ketidakharmonisan antara BPD dan Pemerintah Desa dapat menghambat penyelenggaraan pemerintahan di desa dan berdampak pada pelayanan masyarakat yang tidak optimal,” tambah Sugiyarto.

Pada kesempatan yang sama, Abdul Hadi S.Sos, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Mukomuko, memberikan apresiasi atas kerjasama yang kuat dalam pelantikan PAW BPD Desa Sinar Jaya.

“Saya mengucapkan selamat kepada tiga anggota BPD Sinar Jaya yang baru dilantik. Saya berharap Ketua dan anggota BPD yang baru dapat bekerja sama untuk memperkuat sinergi mereka dalam berbagai bidang di lembaga BPD. Ini penting untuk memperkuat fungsi lembaga BPD,” ucap Abdul Hadi.

Abdul Hadi juga menekankan pentingnya percepatan dalam mencapai target tahap pertama agar dapat segera mengajukan tahap kedua. Dengan RKPDes 2025 yang harus segera ditetapkan bulan ini, BPD diharapkan aktif berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Kecamatan, Pendamping Desa, dan Dinas PMD. Anggota BPD juga diingatkan untuk turun ke wilayah pemilihannya guna menyerap aspirasi warga dan mengelola aspirasi tersebut untuk disampaikan kepada Pemerintah Desa.

“Apabila ada kendala, koordinasi dengan Pendamping, Kecamatan, dan tokoh masyarakat setempat harus segera dilakukan. Semoga kita diberikan kemudahan dan kekuatan dalam melayani bangsa dan negara,” tambahnya.

Upacara pengangkatan tiga anggota baru BPD Desa Sinar Jaya ini juga dihadiri oleh Kepala Desa Sinar Jaya, para pejabat dari Dinas PMD Kabupaten Mukomuko, termasuk Kasi Ekobang, Kasi Pemdes, dan staf dari Kecamatan Air Manjunto. Turut hadir juga TAPM P3MD Kabupaten Mukomuko, Pendamping Desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas, serta anggota lama dan baru dari BPD Desa Sinar Jaya. Perangkat Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pihak lainnya juga turut serta dalam acara tersebut.

Dalam suasana yang penuh kehangatan dan rasa kebersamaan, pelantikan ini diharapkan mampu membawa perubahan positif bagi Desa Sinar Jaya, khususnya dalam peningkatan kinerja BPD dan pelayanan kepada masyarakat. Dengan adanya anggota BPD yang baru, diharapkan sinergi antara Pemerintah Desa dan BPD semakin kuat, sehingga dapat bersama-sama mendorong pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Desa Sinar Jaya.

Gubernur Rohidin Mersyah, yang turut mengapresiasi kegiatan ini, mengingatkan pentingnya keterlibatan aktif seluruh elemen masyarakat dalam mendukung program-program desa. Menurutnya, dengan adanya dukungan dan partisipasi dari masyarakat, setiap program yang dicanangkan dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

Dengan demikian, acara pelantikan ini tidak hanya menjadi seremonial semata, tetapi juga sebagai momentum untuk memperkuat komitmen bersama dalam membangun Desa Sinar Jaya yang lebih baik. Kolaborasi yang solid antara BPD, Pemerintah Desa, dan masyarakat diharapkan mampu membawa Desa Sinar Jaya menuju masa depan yang lebih cerah dan sejahtera.

banner 1028x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *