Jaksa Agung Tekankan Pentingnya Akreditasi di STIH Adhyaksa

Jaksa Agung Tekankan Pentingnya Akreditasi di STIH Adhyaksa

WorldSIBER.com – Jumat, 14 Juni 2024. Jaksa Agung Prof. Dr. ST Burhanuddin, S.H., M.M., sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Karya Bhakti Adhyaksa, memberikan sambutan pada penutupan Asesmen Lapangan Akreditasi oleh BAN-PT di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Adhyaksa, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Dalam kesempatan tersebut, Jaksa Agung mengapresiasi dan berterima kasih kepada Ketua STIH Adhyaksa beserta seluruh jajaran dan tim asesmen lapangan atas kerja keras mereka dalam memastikan kualitas pendidikan di kampus tersebut.

“Akreditasi sangat penting dalam menilai kualitas dan mutu pendidikan. Ini adalah elemen vital bagi kelangsungan lembaga pendidikan dalam menjalankan visi dan misinya,” ujar Jaksa Agung.

Jaksa Agung menekankan bahwa salah satu urgensi dari akreditasi adalah memastikan bahwa kualitas dan mutu pendidikan sesuai dengan standar perguruan tinggi, sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas. STIH Adhyaksa berupaya mencapai akreditasi dengan predikat unggul untuk memperkuat kualitas pendidikannya.

“Akreditasi ini adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas lulusan STIH Adhyaksa, agar dapat bersaing di tengah perkembangan ilmu hukum yang semakin pesat,” tambahnya.

Menurut Jaksa Agung, ada tiga manfaat utama dari akreditasi:

Cerminan Kualitas Pendidikan: Akreditasi menjadi indikator kualitas pendidikan yang dimiliki oleh lembaga.
Dampak pada Lulusan: Akreditasi mempengaruhi persepsi lembaga pencari kerja terhadap mutu pendidikan lulusan, sehingga lulusan yang berasal dari lembaga terakreditasi baik memiliki peluang lebih besar di dunia kerja.
Iklim Studi yang Baik: Akreditasi menciptakan sistem dan iklim pendidikan yang berkualitas, mendorong sivitas akademika untuk bersaing di lingkup nasional dan internasional.

Jaksa Agung berharap proses akreditasi ini dapat menjadi pemicu untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang mampu bersaing di era Society 5.0 yang semakin terbuka. Ia juga mengucapkan terima kasih atas upaya bersama dalam menghadirkan pendidikan berkualitas di STIH Adhyaksa, demi menyongsong Indonesia Emas 2024.

“Semoga upaya kita bersama dalam menghadirkan pendidikan berkualitas di STIH Adhyaksa dapat melahirkan generasi unggul,” pungkasnya.

Acara ini juga dihadiri oleh berbagai tokoh penting, di antaranya Jaksa Agung Muda Intelijen Prof. Dr. Reda Manthovani, S.H., LL.M., selaku Ketua Pengurus Yayasan Karya Bhakti Adhyaksa; Kepala LLDIKTI Wilayah III Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc.; Tim Asesor BAN-PT Dr. Dra. M.G. Endang Sumiarni, S.H., M.Hum.; Prof. Dr. Angkasa, S.H., M.Hum.; Dewan Pembina Yayasan Karya Bhakti Adhyaksa Maya Miranda Ambarsari S.H., M.I.B.; Dewan Guru Besar Universitas Borobudur Prof. Dr. Faisal Santiago, S.H., M.M.; Guru Besar Universitas Al-Azhar Indonesia Prof. Dr. Suparji Ahmad, S.H., M.H.; dan Ketua STIH Adhyaksa Hasbullah, S.H., M.H.

Penutupan Asesmen Lapangan ini menandai langkah penting dalam peningkatan kualitas pendidikan di STIH Adhyaksa. Akreditasi bukan hanya sekadar formalitas, tetapi merupakan cerminan dari komitmen lembaga untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas tinggi.

Dalam sambutannya, Jaksa Agung juga menekankan pentingnya akreditasi sebagai alat untuk menciptakan iklim studi yang baik. Dengan akreditasi yang baik, sivitas akademika akan terbiasa dengan standar pendidikan yang tinggi, yang pada gilirannya akan meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Jaksa Agung menggarisbawahi bahwa STIH Adhyaksa harus terus berkomitmen untuk menjaga dan meningkatkan mutu pendidikannya. Hal ini penting untuk memastikan bahwa lulusan dari STIH Adhyaksa memiliki kompetensi dan kemampuan yang dibutuhkan di era globalisasi dan digitalisasi saat ini.

“Kami berharap akreditasi ini dapat menjadi pemacu semangat bagi seluruh sivitas akademika STIH Adhyaksa untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan,” tegas Jaksa Agung.

Dengan segala upaya yang telah dilakukan, diharapkan STIH Adhyaksa dapat mencapai predikat akreditasi unggul dan terus berkontribusi dalam mencetak lulusan yang kompeten dan siap bersaing di kancah global. Upaya ini juga merupakan bagian dari kontribusi untuk menciptakan Indonesia yang lebih maju dan berkualitas di masa depan.

Semua pihak di STIH Adhyaksa diharapkan dapat terus bekerja sama dan berkomitmen dalam menjaga standar pendidikan yang tinggi, serta terus beradaptasi dengan perkembangan zaman demi menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas dan berdaya saing unggul. (Erlan)

banner 1028x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *