Terra Drone Indonesia Gelar Webinar Sosialisasi Pengajuan Operasi PUTA di SIDOPI-GO bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Udara

Terra Drone Indonesia dan Ditjen Hubud baru-baru ini mengadakan webinar sosialisasi berjudul “Pengajuan Operasi PUTA di SIDOPI-GO”. Webinar ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mengajukan permohonan operasi drone melalui aplikasi SIDOPI-GO.

Terra Drone Indonesia dan Direktorat Navigasi Penerbangan Ditjen Hubud menyelenggarakan webinar pada akhir Mei lalu. Webinar ini menghadirkan Inspektur Navigasi Penerbangan Ditjen Hubud, M. Riza Semaryan Lubis dan Ika Septiana Sari, serta Head of Training Terra Drone Indonesia, Rifqi Fathul Azhar.

Dalam webinar yang diikuti lebih dari 200 peserta ini, Ika Septiana Sari memaparkan regulasi terkait PUTA, proses persetujuan operasi, serta monitoring dan pengawasan melalui aplikasi SIDOPI-GO. Aplikasi ini memudahkan pengajuan operasi drone secara terintegrasi dan real-time.

SIDOPI-GO adalah sistem registrasi dan persetujuan operasi drone yang dikembangkan untuk mempermudah pengendalian pengoperasian drone di Indonesia. Dengan aplikasi ini, persetujuan operasi dapat diberikan dengan lebih efektif dan transparan.

Ika Septiana Sari menyampaikan bahwa dari 1 Januari hingga 30 Mei 2024, Ditjen Hubud telah menerbitkan 100 surat persetujuan operasi drone. Pada tahun 2023, terdapat 326 surat persetujuan yang diterbitkan, menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan tahun 2022.

Ditjen Hubud juga memberikan data utilitas PUTA pada tahun 2023, di mana penggunaan drone masih didominasi oleh fotografi, survei/mapping, perkebunan, migas, tambang, dan uji coba. Lokasi utama pengoperasian drone adalah Kalimantan Timur, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Riau.

Dalam webinar ini, Riza Semaryan Lubis mendemonstrasikan cara pengajuan operasi drone di SIDOPI-GO. Rifqi Fathul Azhar memberikan demonstrasi registrasi drone dan pengajuan sertifikasi remote pilot melalui aplikasi yang sama.

Pengoperasian drone memerlukan izin pemerintah untuk menjaga keselamatan udara. Pengguna drone harus mematuhi aturan dan regulasi yang berlaku untuk memastikan operasi drone mereka legal dan aman.

Terra Drone Indonesia diakui oleh Kementerian Perhubungan untuk pelatihan sertifikasi remote pilot. Mereka akan terus menyosialisasikan pentingnya keamanan operasi drone kepada masyarakat melalui pelatihan dan sosialisasi berkelanjutan.

Terra Drone Indonesia berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya izin operasi dan keamanan penggunaan drone. Mereka berkomitmen mendukung pengembangan regulasi dan edukasi terkait pengoperasian drone di Indonesia.

Tentang PT Terra Drone Indonesia

PT Terra Drone Indonesia adalah perusahaan penyedia jasa pemanfaatan drone untuk survei udara di berbagai industri. Layanan mereka mencakup pemetaan, pemodelan udara, inspeksi, dan pemantauan udara. Mereka juga memberikan pelatihan dan konsultasi untuk perusahaan yang menggunakan drone dalam operasional sehari-hari.

banner 1028x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *