Konsisten Kembangkan UMKM, Sampoerna akan Gelar Pesta Rakyat untuk UMKM Indonesia

PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna), yang memulai perjalanannya dari sebuah usaha mikro di Surabaya 111 tahun lalu, terus konsisten membantu mengembangkan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Presiden Direktur Sampoerna, Ivan Cahyadi, menyatakan, “Sampoerna bermula dari sebuah warung di Surabaya 111 tahun lalu. Kami selalu berkomitmen untuk menjaga keberlangsungan bisnis dan berperan aktif dalam peningkatan ekonomi Indonesia. Hingga kini, Sampoerna telah membina lebih dari 320.000 pelaku UMKM.”

Sebagai inisiatif terbaru dalam mendukung UMKM, Sampoerna akan menggelar Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia pada 22 Juli 2024. Acara bertema “Konsisten Mendukung UMKM, Memperkuat Pengembangan SDM dan Ekonomi Kerakyatan, bagi Indonesia Maju!” ini akan berlangsung di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC).

Lebih dari 1.000 pelaku UMKM binaan Sampoerna melalui program Sampoerna Retail Community (SRC) dan Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) akan terlibat dalam acara ini. Ivan menambahkan, “Mereka adalah figur inspirasional yang berhasil mengembangkan usahanya dan membuka lapangan kerja, serta beberapa berhasil mengekspor produknya.”

Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia ini juga melibatkan kerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia serta Japanese External Trade Organization (JETRO) yang telah membantu membuka akses pasar UMKM ke Jepang.

Rangkaian acara meliputi diskusi dan workshop oleh narasumber ahli dari berbagai bidang. Topik yang dibahas mencakup digitalisasi, kebijakan pemerintah pada sektor UMKM, pembiayaan dari sektor perbankan, dan topik relevan lainnya.

“Kolaborasi antara Pemerintah, universitas, pihak swasta, lembaga keuangan, asosiasi, dan pemangku kepentingan lainnya melalui Multi-Helix Model merupakan kunci agar UMKM berkembang cepat dan terarah. Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia adalah bentuk dukungan Sampoerna terhadap program pemerintah dalam mencapai transformasi UMKM yang kompetitif,” jelas Ivan.

Program SRC dan SETC adalah bagian dari program keberlanjutan perusahaan, “Sampoerna untuk Indonesia.” Melalui SETC dan SRC, Sampoerna memberikan dukungan untuk pengembangan SDM UMKM agar bisa naik kelas, baik di dalam negeri maupun untuk ekspor, sesuai kebijakan strategis Pemerintah.

SETC, hadir sejak 2007, telah melatih lebih dari 72.000 peserta dari seluruh Indonesia. Program ini memberikan pendampingan komprehensif serta pengembangan kapasitas untuk pelaku UMKM dari berbagai bidang usaha.

SETC menyediakan pembinaan, jejaring pemasaran, hingga membuka pintu untuk ekspor produk UMKM. Program ini juga memiliki fasilitas pelatihan di lahan seluas 27 hektare di Pasuruan, Jawa Timur, bekerja sama dengan IPB Consulting.

Dalam hal literasi digital, SETC memberikan pelatihan digitalisasi kepada pelaku UMKM, termasuk pemasaran platform digital dan sistem pembayaran digital. “Beberapa UMKM binaan SETC telah mengikuti business matching untuk ekspor dan unggul di kompetisi global,” tambah Ivan.

Program SRC, berjalan sejak 2008, telah membina lebih dari 250.000 toko kelontong di seluruh Indonesia. Anggota SRC dibekali dengan edukasi, pendampingan langsung di toko, manajemen keuangan, pengembangan bisnis, dan digitalisasi melalui Ekosistem Digital AYO by SRC.

Toko SRC juga memiliki “Pojok Lokal” untuk menjual produk-produk UMKM setempat, membantu meningkatkan perekonomian daerah. “Melalui SRC, toko kelontong dapat bersaing dan memanfaatkan digitalisasi untuk maju,” ujar Ivan.

Selama 16 tahun, SRC telah membangun ekosistem usaha toko kelontong secara offline dan online, didukung oleh ekosistem digital AYO by SRC. Menurut Laporan Riset Kompas Gramedia (KG) Media 2023, total omzet SRC mencapai Rp236 triliun per tahun, setara 11,36% dari PDB retail nasional 2022.

Selain itu, 90% toko SRC telah mengadopsi digitalisasi melalui ekosistem digital AYO by SRC, dan 51% toko SRC membuka lapangan kerja baru. Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia adalah salah satu pergelaran nasional, melanjutkan acara temu UMKM binaan program SRC dan SETC yang lebih kecil di berbagai kota besar di Indonesia.

Tentang PT HM Sampoerna Tbk

PT HM Sampoerna Tbk. adalah perusahaan terkemuka di Indonesia yang bergerak di bidang usaha mikro, kecil, dan menengah. Dengan program-program inovatif seperti SRC dan SETC, Sampoerna berkomitmen untuk mendukung pengembangan UMKM di Indonesia.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

banner 1028x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *