Pemkab Kepahiang Memperoleh Penghargaan Keterbukaan Badan Publik, Sekda Targetkan Kabupaten Informatif

Pemkab Kepahiang Memperoleh Penghargaan Keterbukaan Badan Publik, Sekda Targetkan Kabupaten Informatif

KEPAHIANG, WorldSIBER.com – Pemkab Kepahiang kembali menerima penghargaan dari Provinsi Bengkulu terkait Keterbukaan Informasi Publik 2023.

Sekda Kepahiang Hartono yang menerima penghargaan tersebut dari Sekda Provinsi Bengkulu Isnan Fajri bertempat di ruang pola Bappeda Provinsi Bengkulu, pada Jumat (8/12/2023).

Hartono, menjelaskan Apresiasi keterbukaan badan publik ini, merupakan proses demokrasi dan tata kelola baik yang harus didukung dan diperjuangkan bersama.

Hal ini juga upaya Pemerintah Kabupaten Kepahiang untuk terintegrasi dalam upaya transformasi digital, SPBE, dan penekanan layanan barang dan jasa serta menciptakan Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Alhamdulillah hari ini kita mendapatkan penghargaan menuju kabupaten informatif. Tahun depan kita targetkan Kabupaten Kepahiang menjadi informatif, artinya kita akan mencapai pemkab yang sudah memenuhi kaidah-kaidah keterbukaan informasi publik sesuai undang-undang,” ungkap Sekda Kepahiang usai menerima penghargaan, Jumat (8/12/2023).

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfosantik Kepahiang Dicky Iswandi, mengatakan dengan keterbukaan informasi publik ini, dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Dengan keterbukaan informasi juga, berdampak baik kepada masyarakat khususnya masyarakat Kepahiang.

Pasalnya dengan adanya keterbukaan informasi, dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengambilan kebijakan, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas di pemerintahan.

“Langkah konkret yang telah ditempuh melalui penghargaan yakni terus memberikan instruksi setiap saat, instansi atau perangkat daerah membuka informasinya baik diminta ataupun tidak diminta melalui portal PPID, lalu dari indikator SP4N-LAPORnya kalau mereka sangat responsif lalu tindak lanjutnya jelas terukur sehingga masyarakat puas dan itu akan meningkat,” jelas Dicky.

Dalam kegiatan itu juga, Sekda dan Kadis Kominfotik Kepahiang didampingi oleh Asisten Bidang Administrasi Umum, Yurnalis serta Kepala Bagian Prokopim Setda Kepahiang Surta Kadodo. (Lan)

banner 1028x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *